Selasa, 09 Februari 2010

Hardware

Hardware (perangkat keras) komputer adalah perangkat komputer yang terlihat secara fisik, dapat disentuh dan merupakan perangkat yang secara langsung berinteraksi dengan manusia untuk memasukkan data yang kelak diolah menjadi informasi. Secara fisik, komputer terdiri dari tiga bagian terpisah yaitu monitor, cpu dan keyboard. Walaupun dalam bentuk notebook telah menyatu sedemikian rupa, namun masih tetap terlihat secara fisik ketiga perangkat tersebut ada di dalamnya.

Hardware komputer biasanya dibagi dalam 4 (empat) unit, yaitu :

1. Unit Input
2. Unit Proses
3. Unit Output
4. Unit Penyimpanan

1. Unit Input

Unit Input yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data yang akan diolah/diproses oleh komputer menjadi informasi.

Yang termasuk ke dalam unit input diantaranya :

* Keyboard, merupakan peranti masukan yang terdiri dari kumpulan huruf, angka dan karakter khusus. Keyboard juga memberikan kemudahan bagi user untuk memberikan perintah yang diperlukan apabila menekan kombinasi antara karakter yang ada pada keyboard dengan tombol-tombol tertentu.
* Mouse, Peranti masukan dengan bentuk seperti tikus ini berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat.
* Scanner, berfungsi untuk menyalin (copy) file atau dokumen baik berupa teks atau gambar menjadi teks atau gambar digital.
* Floopy Disk Drive, adalah alat untuk menulis, membaca data, dan merekam data.
* CD-ROM ( Compact Disc-Read Only Memory), adalah alat untuk membaca CD (Compact Disc) atau VCD (Video Compact Disk) pada komputer.
* CD-RW (Compact Disk-Read and Write), yaitu alat sertupa CD-ROM namun selain dapat membaca CD, dapat juga merekam data ke CD.
* DVD-ROM (Digital Video Disc-Read Only Memory) adalah alat untuk membaca CD, VCD, atau DVD pada komputer.
* DVD RW (Digital Video Disc-Read and Write), yaitu alat seperti DVD-ROM namun selain dapat membaca CD, VCD dan DVD, dapat juga merekam data pada keping DVD.
* Touchpad, biasanya terdapat pada notebook. Memiliki fungsi yang sama dengan mouse namun dalam penggunaannya hanya cukup dengan memberikan sentuhan jari.
* Joystick, merupakan alat yang biasa digunakan pada permainan (games) komputer
* Light pen, yaitu pointer elektronik untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor).
* Barcode, berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak atau garis-garis vertikal tipis dan tebal yang selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Biasanya kode barcode ini ditemukan pada kemasan makanan, minuman, buku, alat elektronik serta produk-produk. Biasanya barcode ini memudahkan kasir yang ada di toko swalayan atau departemen store untuk mengidentifikasi suatu barang yang dibeli.
* Kamera digital, merupakan kamera modern yang telah dimodifikasi sehingga tidakmemerlukan roll film. Kamera ini dapat langsung dihubungkan dengan komputer melalui kabel data, sehingga memudahkan user untuk mentransfer data baik berupa image (gambar) digital ataupun video.
* Voice input, adalah alat yang berfungsi merubah suara sehingga terekam ke dalam komputer menjadi suara digital.
* Graphics pads, Merupakan suatu peranti yang dapat digunakan untuk menggambar suatu objek pada monitor.

2. Unit Proses

Unit proses yaitu perangkat komputer yang berfungsi untuk memproses atau mengelola data yang masuk sehingga menjadi suatu informasi yang diinginkan.

Otak komputer terdapat pada CPU (Central Processing Unit). Ada pendapat yang mengatakan bahwa CPU adalah seperangkat casing beserta isi yang ada di dalamnya. Namun pendapat yang lain juga ada yang mengatakan bahwa CPU adalah processor yang ada di dalam komputer. Kedua pendapat ini sama benarnya karena semuanya berfungsi sebagai unit proses.

Adapun yang termasuk dalam unit proses, diantaranya :

* Casing, yaitu kotak yang membungkus isi seluruh perangkat unit proses.
* Processor, merupakan otak komputer atau chip pengolah utama yang berfungsi untuk mengolah data yang dimasukkan oleh unit input. Unsur penting yang ada pada processor yaitu : Arithmatic logic Unit (ALU), yaitu sebagai alat yang berfungsi melakukan perhitungan pada proses komputer; Control Unit, sebagai alat pengontrol proses kerja komputer.
* Motherboard, yaitu papan rangkaian utama dimana merupakan tempat diletakkannya seluruh unit proses.
* Memory, yaitu alat yang befungsi mengolah data dan instruksi serta menyimpan informasi.
* Power Supply, Sebagai penyedia arus listrik untuk peralatan dalam CPU.
* I/O Card (Input/Output Card), yaitu kartu elektronik yang menjadi penghubung antara motherboard dengan perangkat masukan serta perangkat keluaran pada komputer.
* VGA Card, yaitu kartu elektronik yang menghubungkan motherboard dengan monitor.

3. Unit Output

Output yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan data yang telah diproses sehingga menjadi suatu informasi.

Yang termasuk unit keluaran diantaranya :

* Monitor, yaitu alat berbentuk layar kaca yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses, baik dalam bentuk teks atau grafik.
* Printer, merupakan alat untuk mencetak data sehingga menjadi hard copy.
* Speaker, yaitu alat untuk mengeluarkan suara dari dalam komputer.

4. Unit Penyimpanan

Unit penyimpanan dapat diartikan sebagai perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, informasi, software ataupun program.

Perangkat penyimpanan ini memiliki kapasitas tampung yang dihitung dalam satuan byte.

Perhitungannya atau pengukurannya sebagai berikut :

* 1 byte = 8 bit (sama dengan satu karakter)
* 1 kilo byte = 1024 byte
* 1 mega byte = 1024 kilo byte
* 1 giga byte = 1024 mega byte
* 1 terra byte = 1024 giga byte
* 1 peta byte = 1024 terra byte

Unit penyimpanan diantaranya :

* Hard Disk, merupakan perangkat komputer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hard disk terbagi menjadi dua jenis, yaitu Hard Disk IDE (Integrated Devive Elektronik) yang memiliki kapasitas 1,2 GB hingga diatas 8,2 GB. Hard Disk ini biasa digunakan untuk komputer personal. Selain itu ada hard disk SCSI (Small Computer User Interface) yang kapasitasnya lebih besar lagi dan biasanya digunakan sebagai server.
* Disket, yaitu unit penyimpanan data berbentuk cakram dan terbuat dari bahan yang bersifat magnetik.
* USB Flash Drive, merupakan unit penyimpanan data yang dapat menyimpan data hingga lebih dari 1 GB. USB Flash Drive terhubung dengan port USB dan memiliki bentuk yang mungil dan ringan sehingga mudah untuk dibawa.
* Compact Disc (CD), yaitu media penyimpanan data yang berbentuk piringan dengan kapasitas 700MB.
* CD RW (Compact Disk Read and Write), yaitu media penyimpanan data yang berbentuk piringan yang dapat membaca dan menuliskan data secara berulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Disini ya . . . :)