Senin, 29 Maret 2010

PERMASALAHAN MONITOR




PERMASALAHAN DAN CARA MENGATASI MONITOR TIDAK BERES
Atasi berbagai masalah di monitor dan kartu grafik Sebagai perangkat terampil, monitor terkait erat dengan kartu grafik dan selalu dituntut untuk berkondisi stabil. Begitu vitalnya alat output ini, sehingga jika ada gangguan harus segera diatasi. Lima permasalahan monitor dan grafis ini merupakan hal yang kerap terjadi. Mungkin anda pernah mengalaminya. Solusi yang kami berikan disini mungkinbisa Anda jadikan bahan antisipasi.


1. Gambar di monitor terganggu dan berubah warna.

Solusi : Pastikan sambungan monitor ke PC tidak ada masalah. Perhatikan juga posisi speaker, apakah terlalu dekat dengan monitor? Sebab, monitor sangat sensitive terhadap pengaruh medan elektro magnetic, khususnya TV, Radio, Lemari es, dan lainnya. Ponsel juga termasuk penyebabnya loh.

2. Monitor mati sendiri

Solusi : Coba peiksa pengaturan pada screen saver. Siapa tahu anda mengestnya terlalu cepat (misalnya 1 menit). Periksa juga colokan power dan kabel monitor ke PC. Pastikan sudah tertancap dengan benar dan kuat. Cek driver kartu grafik melalui dialog display properties. Klik-kanan saja area kosong desktop, lalu pilih [properties], maka boks dialog itu akan terbuka. Uahakan driver-nya cocok dengan kartu grafik yang anda gunakan. Bukalah juga Control Panel. Lalu klik pada [System] [Device Manager] [Display Adapter].

3. Gambar di monitor terlihat pecah

Solusi : permasalahan gambar pecah biasanya berkaitan dengan kartu grafik. Setelan monitor dan memory. Ada kemungkinan kartu grafik anda tidak cukup untuk menjalankan program beresolusi tinggi. Misalnya memainkan game 3D. Ganti dengan yang lebih baik, dengan kapasitas memori yang lebih besar. Setelanmonitor juga mempengaruhi kehalusan gambar.

4. Layar monitor hitam/blank stelah pengesetan display properties.

Solusi : penyetelan display sangat terkait dengan kemampuan kartu grafik. Terlebih jika mengeset ke area layar yang lebih besar, masalah ini tidak akan terjadi. Sebaiknya setel monitor dengan resousi yang sepadan dengan kartu grafik yang anda miliki. Setelah itu, coba cek juga setelan maksimal yang bisa dicapai monitor.

5. Layar monitor buram.

Solusi : monitor kabur/buram disebabkan oleh setelan brightness dan contrast yang tidak pas. Atur dengan menaikkan angkanya. Jika belum juga berhasi, mungkin saja umur monitor anda sudah terlalu tua. Perubahan warna menjadi buram akibat kerusakan pada sirkuit amplifier video. Biasanya gambar akan tampil jelas saat PC dinyalakan, tapi lama-lama akan memburam. Deteksi kekencangan sambungan raster board dengan video amplifier board.

6.Moniter Mati TIdak Mau Hidup ( Inalillahi) hhhe :-p :-d :-D
Solusi: coba cek VGAnya. Dugaan awal mungkin dikarenakan soketnya kotor. Ini pengalaman waktu service komputer punya teman dulu. Bila ternyata BENAR… Soketnya kotor,lepas VGA cardnya, lalu bersihkan dengan obeng pada pita-pita tembaganya, lalu pasang lagi ke motherboard dan akhirnya nyala juga.
Jika permasalahan anda tidak dapat menemukan jalannya maka satu-satunya jala yang benar adalah banting monitornya lalu beli yang baru.

Atau anda bisa googling "disini"
gampangkan semua masalah komputer anda juga akan terselesaikan dengan bahagia dan tentram dengan hanya membuka blog "gue"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Disini ya . . . :)